Indonesiaku

Semoga Menjadi Ilmu Yang Barokah..AamiinSemoga Menjadi Ilmu Yang Barokah..Aamiin

Sunday, 21 August 2016

Jalan Menuju Surga Ke-30

Jalan Menuju Surga Ke-30

(30) المحافظة على السنن الراتبة :
_*RAJIN/RUTIN MENGERJAKAN SHALAT-SHALAT SUNNAH RAWATIB*_

((ما من عبد مسلم يصلي لله تعالى كل يوم اثنتي عشرة ركعة تطوعاً غير الفريضة ، إلا بنى الله له بيتاً في الجنة )) [ رواه مسلم ]

TIDAKLAH SEORANG MUSLIM YANG SETIAP HARI DIA MENGERJAKAN SHALAT SUNNAH BUKAN FARDHU SEBANYAK DUA BELAS RAKAAT, MELAINKAN ALLAH BANGUNKAN UNTUK DIA SEBUAH RUMAH DI SYURGA (HR MUSLIM)

*_BERDASARKAN BEBERAPA RIWAYAT MAKA JUMLAH RAKAAT SHALAT SUNNAH ROWATIB INI EMPAT MADZHAB BERAGAM JUMLAHNYA. BISA DIBACA DI DALAM KITAB FIQIH EMPAT MADZHAB_*.

_Yang Singkatnya adalah_:
_*I- HANABILAH*_
*A- RAWATIB*
Yaitu kalau tertinggal disyari'atkan untuk diqadha', kecuali sampai berjumlah banyak agar tidak memberatkannya. Shalat ini berjumlah 10 rakaat:
* 2 rakaat srnelum Shalat zhuhur
* 2 rakaat sesudah Shalat Zhuhur.
* 2 rakaat sesudah Shalat Maghrib
* 2 rakaat sesudah Shalat Isya'
* 2 rakaat sebelum Shalat Shubuh.

Ini berdasarkan hadits Ibnu Umar ra:
 حفظت عن النبي صلى الله عليه وسلم عشر ركعات  (متفق عليه)
Aku pelihara sepuluh rakaat dari Nabi saw
(HR Bukhari & Muslim)

*B. GHAIRU RAWATIB*
Yaitu sekiranya tertinggal maka tidak disyari'atkan untuk diqadha'. Shalat ini sebanyak 20 rakaat:
* 4 rakaat sebelum Shalat Zhuhur.
* 4 rakaat sesudah Shalat Zhuhur
* 4 rakaat sebelum Shalat Ashar
* 4 rakaat sesudah Shalat Maghrib
* 4 rakaat sesudah Shalat Isya'.


*II- HANAFIYAH*
*_A- MASNUNAH_*, ADA 5 MACAM SHALAT YAITU:

*  2 RAKAAT SEBELUM SHUBUH. *INI PALING MUAKKADAH KECUALI UDZUR*.
 4 RAKAAT DENGAN SATU KALI SALAM SEBELUM ZHUHUR.
* 2 RAKAAT SESUDAH ZHUHUR.
KALAU JUM'AT, MAKA 4 RAKAAT SETELAH SHALAT JUM'AT DAN JUGA 4 RAKAAT SEBELUMNYA.
* 2 RAKAAT SESUDAH SHALAT MAGHRIB
* 2 RAKAAT SESUDAH SHALAT ISYA'.

*_B- MANDUBAH/GHAIRU MASNUNAH_*: ADA 4 MACAM SHALAT. YAITU:

* 2 ATAU 4 RAKAAT SEBELUM SHALAT ASHAR.
* 6 RAKAAT   SEBELUM SHALAT MAGHRIB                
* 4 RAKAAT SEBELUM SHALAT ISYA'
* 4 RAKAAT SESUDAH SHALAT ISYA' BERDASARKAN RIWAYAT S.AISYAH RA

 روي عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي قبل العشاء أربعا ثم يصلي بعدها أربعا ثم يضطجع.

DIRIWAYATKAN DARI AISYAH RA BAHWA  RASULULLAH SAW BIASA MENGERJAKAN SHALAT
* 4 RAKAAT SEBELUM ISYA' DAN
* 4 RAKAAT SESUDAHNYA BARU KEMUDIAN BELIAU BERBARING.
*III- SYAFI'IYAH*
_*A- MUAKKADAH*_ ADA 10 RAKAAT YAITU:

* 2 RAKAAT SEBELUM SHALAT SHUBUH.
APABILA DIA TERLAMBAT SEHINGGA TIDAK NUTUTI UNTUK SHALAT SHUBUH ATAU UNTUK BERJAMAAH SHALAT SHUBUH, MAKA DIA SHALAT SHUBUH DAHULU KEMUDIAN SHALAT SUNNAHNYA DIKERJAKAN SETELAH SHALAT SHUBUH TANPA ADA HUKUM MAKRUH. KALAU TERNYATA MATAHARI TERBIT SETELAH SHALAT SHUBUH MAKA TETAP DIA SHALAT DENGAN NIAT SHALAT SUNNAH QABLIYAH SHUBUH SEBAGAI QADHA'.
* 2 RAKAAT SEBELUM ZHUHUR ATAU JUM'AH
* 2 RAKAAT SESUDAH SHALAT ZHUHUR ATAU JUM'AH
* 2 RAKAAT SESUDAH SHALAT MAGHRIB
* 2 RAKAAT SESUDAH SHALAT ISYA'

_*B-GHAIRU MUAKKADAH*_:  ADA 12 RAKAAT YAITU:
* 2 RAKAAT SEBELUM SHALAT ZHUHUR SELAIN DUA RAKAAT YANG LALU
* 2 RAKAAT SSDH SHALAT ZHUHUR SEDANG SHALAT JUM'AT SAMA DENGAN ZHUHUR
* 4 RAKAAT SEBELUM ASHAR
* 2 RAKAAT SEBELUM MAGHRIB BERDASARKAN HADITS-HADITS SHAHIH BAIK HADITS QAWLI, HADITS FI'LI DAN HADITS TAQRIRI DARI ABDULLAH AL MAZANI RA RIWAYAT BUKHARI DAN IBNU HIBBAN.
SHALAT INI DIANJURKAN DENGAN PELAKSANAAN TAKHFIF (SINGKAT)
DAN WAKTUNYA SESUDAH MENJAWAB SERUAN ADZAN.
*2 RAKAAT SEBELUM SHALAT ISYA'.

Dalam Madzhab Syafi'i Imam Nawawi amat jelas menerangkan hal shalat Qabliyah Maghrib ini dalam kitabnya Majmu'Syarah Muhadzdzab. Wallaahu A'lam.

*IV- MALIKIYAH*

TIDAK ADA KETENTUAN YANG MUTLAK UTK SHALAT SUNAH QABLIYAH DAN BA'DIYAH MENURUT ULAMA' MALIKIYAH.
HANYA SAJA MENURUT MEREKA YANG PALING AFDHAL BERPEGANG KEPADA HADITS- HADITS
SEPERTI HALNYA:
*4 RAKAAT SEBELUM ZHUHUR
*4 RAKAAT SESUDAH ZHUHUR ATAU SESUAI KEMAUANNYA BERAPA RAKAAT SAJA.
*4 RAKAAT SEBELUM SHALAT ASHAR ATAU MENURUT KEMAUANNYA.
*6 RAKAAT SESUDAH MAGHRIB ATAU SESUAI KEMAUANNYA.

ADAPUN SHALAT SUNNAH SEBRLUM MAGHRIB MENURUT ULAMA' MALIKIYAH MAKA HUKUMNYA MAKRUH SEBAB WAKTU SHALAT MAGHRIB SEMPIT.
SEDANGKAN SHALAT SUNNAH QABLIYAH ISYA' MENURUT MEREKA TDK ADA NASH SHARIH SELAIN HADITS

 بين كل أذانين صﻻة، بين كل أذانين صﻻة، بين كل أذانين صﻻة، لمن شاء.

SETIAP ANTARA DUA ADZAN (ADZAN DAN IQAMAH) ADA SHALATNYA.  BELIAU UCAPKAN TIGA KALI LALU BERSABDA: BAGI YG MAU.
SEBAB DASAR ITU SAJA, MAKA MUSTAHAB SHALAT SUNNAH QABLIYAH MENURUT MALIKIYAH.
والله أعلم

Oleh : KH. Ahmad Sjinqithy Djamaludin

No comments:

Post a Comment